Sabtu, 30 Oktober 2010

Hikmah dalam Setiap Kejadian


Terbentangnya langit di angkasa, dengan awan sebagai hiasan, matahari sebagai penerang di siang hari, bukanlah sesuatu hal yang biasa dan tanpa makna. Bagi golongan orang-orang yang berakal, setiap kejadian penciptaan terdapat hikmah di dalamnya. Tak satupun kejadian yang sia-sia, baik dalam hal kejadian penciptaan manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, serta segala apa yang ada di seluruh jagad raya ini sebagai tanda keberadaan Alloh SWT, zat yang maha memelihara segala sesuatu dengan segala kesempurnaan-Nya.

Manusia di dalam menjalani kehidupan, tentu akan berhadapan dengan berbagai permasalahan. Adalah sebuah pernyataan yang ganjal jika ada seseorang yang mengatakan bahwa ia tidak mempunyai permasalahan sama sekali dalam kehidupannya. Perbedaan yang ada adalah perihal cara menyikapi permasalahan yang hadir. Bisa jadi, bagi sebagian orang sebuah permasalahan yang menghadangnya termasuk dalam kategori ‘berat’ , sementara bagi sebagian lainnya merupakan hal yang ‘ringan dan sederhana’ serta bisa diselesaikan dengan mudah.

Sungguh, Semua terpulang pada cara pandang bagaimana seseorang menilai dan melihat sebuah permasalahan. Berprasangka baik terhadap setiap ketentuan yang singgah dalam cerita kehidupan kita serta menjadikannya hikmah yang secara tidak langsung mengajari kita, dapat semakin meringankan langkah hidup kita serta menjadikan diri lebih bijaksana serta hati-hati.

Ada seorang sholeh yang berkata dalam kitabnya bahwa jika manusia menghadapi dunia dengan jiwa yang lapang, mereka akan banyak memperoleh kegembiraan yang semakin lama semakin bertambah dan semakin luas, duka yang makin mengecil dan menyempit. Selanjutnya menurut beliau, jika manusia mengatakan bahwa dunia terasa sempit baginya, sebenarnya jiwa merekalah yang sempit, bukan dunianya.

Semoga Allah SWT memberikan kemampuan bagi kita menghadapi setiap ketentuan yang hadir dalam kehidupan, sehingga mampu berlapang dada serta berprasangka baik atasnya.

Tidak ada komentar: